Donderdag 06 Junie 2013

makala pola pendidikan di andalusia dan sisilia

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
     Andalusia  dahulu di maksud dengan nama Andalusia , sekarang termaksud dengan nama spanyol ,suatu wilayah yang popular di masa kini ,kepopuleran di antaranya di karenakan adanya satu club sepak bola ternama (Real Madrid) .kabar yang amat menggelitik masyarakatnya lebih mengenal pemain sepakbola ketimbang pemimpin Negara mereka bahkan dalam daftar kekayaan klub ternama di dunia ,Real Madrid termaksuk rengking teratas dalam peringkat pendulangan harta kekayaan .
    Sisilia merupakan satu wilayah yang amat “licin “ dan ditakuti oleh negeri Pamansyam (amerika serikat ),karena sisilia menggerayang masuk ke jantung pedagang Amerika dalam jaringan obat bius dengan organisasi mafianya serta perdagangan ilegalnya ,membuat Negara adidaya ini membuhul rantai komunikasi terselubung ,membuat Negara Adidaya ini kalangkabut dan bak rayap kepanasan dibuatnya .
    Tidak dapat dipungkiri bahwa Spayol dan sisilia ini pernah dikuasai oleh pemerintah islam selama kurang lebih delapan abad lamanya . Era ini dapat dikelompokkan menjadi enam periode ,yaitu :
1.    Periode I ( 711 – 755 M ) ,wali yang diangkat oleh khalifah Daulah Umayyah di  Damaskus .
2.    Periode II (755 – 912M ) ,diperintah oleh amir (gubernur ) tetapi tidak tunduk kepada Daulah Bani Abbasiyah di Baghdad .
3.     Periode III ( 912 -1013 M ) ,diperintah Abdurraman III yang bergelar Al- Nashir ,sampai munculnya Mulk at Thawaif .
4.    Periode IV (1013 -1086 M ) ,Spanyol terpecah menjadi tiga puluh Negara –negara yang kecil yang di kuasai oleh raja –raja setempat .
5.    Periode V ( 1086 -1248 M) ,Dikuasai oleh dinasti Al- Murabitum dan Al- muwahidun ( Al- muwahidun akhirnya runtuf dengan kemenangan pihak keristen di las navas dan tolosa ,dan mereka kembali ke Afrika utara .
6.    Periode VI ( 1248 – 1492 M) , islam hanya berkuasa di geranada di bawah daulah bani ahmar ,namun kekuasaan islam ini berhasil pula di rebut oleh Ferdinand dan ratu isabellah dari pihak keristen
Andalusia – Spanyol diduduki umat Islam pada zaman khalifah Al-Walid Rahimahullah (705-715 M), salah seorang khalifah dari Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus, dimana Ummat Islam sebelumnya telah mengusasi Afrika Utara. Dalam proses penaklukan Spanyol ini terdapat tiga pahlawan Islam yang dapat dikatakan paling berjasa yaitu Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair Rahimahullahum ajma’in.

B.    Rumusan Masalah
1.    Terlatak dimanakah Geografis Andalusia Dan Sisilia ?
2.    Pola Pendidikan dan tokoh –tokoh pendidikan di Andalusia
3.    Pola Pendidikan dan tokoh –tokoh pendidikan di Sisislia



BAB II
PEMBAHASAN
1.    Geografis Andalusia dan sisilia
Al-Andalus  adalah nama dari bagian Semenanjung Iberia(Spanyol dan Portugal) yang diperintah oleh orang Islam, atau orang Moor, dalam berbagai waktu antara tahun 711 dan 1492.Al-Andalus juga sering disebut Andalusia,namun penggunaan ini memiliki keambiguan dengan wilayah administratif di Spanyolmodern Andalusia.Kondisi Andalusia pra kedatangan Islam sungguh sangat memprihatinkan, terutamaketika masa pemerintahan raja Ghotic yang melaksanakan pemerintahannya dengan besi.Kondisi ini menyebabkan rakyat Andalusia menderita dan tertekan.
Mereka sangatmerindukan datangnya kekuatan ratu adil sebagai sebuah kekuatan yang mampumengeluarkan mereka saat itu, kerinduan mereka akhirnya menemukan momentumnyaketika kedatangan Islam di Andalusia.Ketika Dinasti Umayah dipegang oleh Khalifah al- Walid bin Abdul Malik (al-Walid I )(naik takhta 86 H 1705 M ),  khalifah menunjuk Musa bin Nusair sebagaigubernur di Afrika Utara Pada masa kepemimpinan Musa bin Nusair, Afrika sebagian barat dapat di kuasai kecuali Sabtah (Ceuta ) yang pada waktu itu berada di bawahkekuasaan Bizantium. Ketika inilah pasukan Islam mampu menguasai bagian baratsampai yaituTharif Ibn Malik, Thariq bin Ziyad, Musa bin Nushair. Perluasan bani umayyah keAndalusia diawali oleh rintisan Tharif ibn Malik yang berhasil menguasai ujung palingselatan eropa, upaya ini kemudian dilanjutkan oleh Thariq bin Ziyad yang berhasilmenguasai ibu kota Andalusia, Toledo. Kemudian ia juga menguasai Archidona, Elfirodan Cordova. Bahkan raja Roderick (raja terakhir Vichigothic) berhasil ia kalahkan padatahun 711 M .Keberhasilan Thariq dalam melumpuhkan penguasa di Andalusia dalam sejarah Islamdicatat sebagai acuan resmi penaklukan Andalusia oleh Islam.



   Antara laut tengah dan laut lonia terdapat salah pulau terbesar yang bernama sisilia, pulau ini merupakan satu provinsi dari bizantium pada masa kekhalifahan umar bin khattab(634-644 M), penduduknya mayoritas barbar. kalau dicermati dalam peta dunia yang berskla 1 berbanding 1000.000.000 , pulau ini tidak diberi nama karena di anggap kecil kurang lebih besar dari danau toba. Pada masa kekhalifahan umar, hubugan antara khalifah dengan bizantium kurang harmonis, karena memang begitu tergores sejarah pahit semenjak zaman rasulullah, hal ini lah yang menyebabkan meletusnya para mu’tah
  Negeri andalus (spanyol) sejak dari abad VIII Masehi  merupakan salah satu pondasi yang kuat dari peradaban dan kebudayan islam, yang dimulai dengan mempelajari ilmu agama dan sastra,kemudian meningkat menjadi ilmu ilmu akal.

2.    Pola pendidikan di Andalusia
1.1    Pola pendidikan islam di Andalusia (spanyol)
    Kuttab
sebagaimana yang ditulis dalam sejarah peradaban pendidika islam, dengan semakin meluasnya wilayah kekuasaan islam, telah ikut memperkaya dan memotivasi umat untuk mendirikan lembaga pendidikan seperti kuttab dan mesjid. begitu pula di Andalusia terdapat banyak kuttab kuttab yang yang menyebar sampai ke pinggir kota. Pada lembaga ini, para siswa mempelajari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, seperti fikih, bahasa dan sastra, musik, dan kesenian. Kuttab termasuk lembaga pendidikan terendah yang sudah tertata dengan rapi di saat itu, sehingga kuttab kuttab itu mempunyai banyak tenaga pendidik dan siswa siswanya. Pada lembaga ini siswa siswanya mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan di antaranya adalah :

    Fikih
   Pemeluk islam Andalusia menganut mazhab Maliki ,maka para ulama memperkenalkan materi – materi fikih dari mazhab Iman Malik .Tokoh – tokoh yang termasyhur disini di antaranya tersebut nama Ziyad ibnu Abd . ar – Rahman dan

dilanjutkan oleh Ibn Yahya .Yahya sempat menjadi kadi pada masa Hisyam ibn Abd Rahman ,dan masihbanyak nama –nama lain ,seperti Abu Bakar ibn al –Qutiyah ,Munzir Ibn Said al- Baluthi ,dan ibn Hazm yang sangat popular di kala itu.
    Para siswa di kuttab-kuttab tersebut mendapatkan materi fiqh cukup lengkap dan komprehensif dari ulama-ulama tersebut yang kompeten pada disiplin ilmunya.

    Bahasa dan Sastra
   Bahasa Arab menjadi bahasa resmi umat Islam di Spanyol ,bahasa ini dapat dipelajari di kuttab ,bahkan kepada siswanya diwajibkan untuk selalu melakukan dialog degan memakai bahasa resmi islam (bahasa Arab ) ,sehinggah bahasa ini menjadi cepat populer dan menjadi bahasa keseharian. Di antara ahli bahasa tersebut yang termasyhur ialah Ibnu Malik Pengarang kitab Alfiah, IbN Sayyid, Ibn Khuruf, Ibn Al-Hajj, Abu Ali Al-Isybili, Abu Al-Hasan Ibn Usfur, dan Abu Hayyan Al-Garnathi.

    Music dan seni
   Di Spanyol berkembang music – music yang bernuansa Arab yang merangsang tumbuhnya nilai – nilai kepahlawanan .Banya tokoh music dan seni bermunculan ketika itu ,di antaranya ,AL- Hasan ibn Nafi yang dijuluki Ziryab (789 – 857 ) . ia juga terkenal sebagai pengubah lagu, ilmu yang dimilikinya itu diajarkan kepada anak-anaknya, baik laki-laki maupun perempuan dan juga kepada para budak-budak sehingga kemasyhuran tersebar luas.


1.2  pendidikan tinggi
   Tidak dapat dipungkiri bahwa Islam di Spayol merupakan tonggak sejarah peradaban , kebudayaan dan pendidikan pada abad kedelapan dan akhir abad ketiga belas .Universitas Cordova berdiri megah dan menjadi ikon Spanyol ,sehinggah Spanyol termasyhur ke seluruh dunia .
    Universitas ini tegak bersanding dengan Masjid Abdulahman III ,yang pada akhirnya berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkenal yang setara dengan menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkenal yang setara dengan Universitas Al- Azhar di Cairo dan Universitas Nizamiyah di Baghdad .perguruan tinggi ini pergetahuan ,baik dari belahan Asia ,Eropa, Afrika ,dan belahan dunia lainnya .
    Banyak yang pantas dilirik pada daerah ini ,khususnya dalam bidang pendidikan . pendidikan .perpustakaannya saat itu tiada tandingannya ,yang menampung kurang lebih empat juta buku yang mencakup bergai disiplin ilmu .Buku – buku ini dikonsumtifkan untuk seribu lebih mahasiswa yang sedang menuntut ilmu .
    Selain itu ,terdapat juga Universitas Sevilla , Malaga ,dan Granada ,pada perguruan tinggi ini diajarkan ilmu kedokteran,astronomi,teologi,hokum islam,kimia,dan lain-lain. Peda lembaga ini para pengajar yang cukup dikenal diantaranya, yaitu Ibnu Qyutaiba yang dikenal sebagai ahli tata bahasa, Abu Ali Qali yang ahli dibidang biologi namun secara garis besar pada perguruan tinggi di spanyol terdapat dua konsentrasi ilmu pengetahuan yaitu:


    Filsafat
    Universitas Condova mampu menyaingi Baghdad, salah satu diantaranya, karena mampu mengimport ilmu filsafat dari belahan timur dalam jumlah besar, sekalipun Baghdad termasuk pusat ilmu pengetahuan islam sehingga beberapa waktu sesudahnya melahirkan filosofi-filosofi besar dengan karya-karya emasnya.
Tokoh utama pertama dalam sejarah filsafat arab-spanyol adalah abu bakar Muhammad ibn Al-syaigh yang lebih di kenal dengan ibn Bajjah. Tokoh ulama kedua adalah abu bakr ibn thuafail, penduduk asli wadi asy, sebuah dusun kecil di sebelah timur Granada dan wafat pada usia lanjut pada tahun 1185 M .
    Ibnu Bajjah adalh filosofi muslim yang pertama dan utama dalam sejarah filsafatan di Andalusia. Nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad Ibnu Yahya Ibnu Al-Sha’ig yang lebih terkenal dengan nama Ibnu Bajjah. Orang barat menyebut Avenpace ia dilahirkan di Saragossh(Spanyol) pada akhir abad ke-5 Hijjriah/abad ke-11 Masehi.
    Pada akhir abad 12 Masehi muncul seorang pengikut Aris Toteles yang terbesar dalam kalangan filsafat islam dia adalah Abu Al-Wahid Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Muhammad Rusyd lahir di Cordova, Andalusia pada tahun 570 Hijjriyah/1126 Masehi, yang terkanal dengan nama Ibnu Rusyd. Kepiawaiannya yang luar biasa dalam ilmu hukum, sehingga dia dianggap menjadi ketua mahkamah agung di Cordova(Qadhi al-Qudhad). Karya besarnya dalah Bidayah Al-Mujtahid.

    Sains
  Tercatat nama Abdas Ibn Farnas yang termasyhur dalam ilmu kimia dan astronomi. Dia  adalah seorang pertama yang menemukan kacamata dari batu. Perkembangan sains pada daerah ini diikuti pula oleh ilmu kedokteran,matematika,kimia,dan music serta ilmu lainnya,bahkan ada ilmuwan wanita yang ahli kedokteran, yaitu Umm Al-Hasan Binti Abi Jaff’ar.
1.3  Faktor Pendukung Pendidikan Islam di Spanyol
    Adanya dukungan dari penguasa, membuat pendidikan islam cepat sekali majunya, karena penguasa sangat mencintai ilmu pengetahuan dan wawasan jauh kedepan.
    Adanya beberapa dan universitas di Spanyol yang sangat terkenal(Universitas Cordova, Sevilla,Malaga,Geranada).
    Banyaknya para sarjana islam yang dating dari ujung timur dan ujung barat wilayah islam dengan membawa berbagai buku dan berbagai gagasan. Ini menunjukkan bahwa, meskipun umat islam berdiri dari beberapa kesatuan politik terdapat juga apa yang disebut kesatuan budaya islam.
    Adanya persaingan antara Abbasiyah di Baghdad dan Ummaiyah di Spanyol dalam bidangdalam ilmu pengetahuan dan peradaban. Kompetensi dalam bidang ilmu pengetahuan dengan didirikannya Universitas Cordova yang menyaingi Universitas Nizmiyah di Baghdad yang merupakan persaingan positif, tidak selalu dalam peperangan.

1.4  Luluhnya Kedikdayaan Andalusia
    Konflik Agama
  Pada akhir kemajuan peradaban pendidikan islam di Andalusia, telah muncul kepermukaan paham-paham dan perbedaan keyakinan. Kondisi yang tidak mendukung bagi umat islam telah membuat “Berani” untuk umat kristiani menampakkkan dirinya dipermukaan. Bahkan dengan terang-terangan telah pula berani menentang kebijakan penguasa islam dikalangan itu.

    Ideologi Perpecahan
Istilah ‘ibad dan muwalladun  perendahan derajat kepada orang pribumi yang mukallaf selalu dilakukan oleh orang-orang islam keturunan Arab, sehingga kelompok-kelompok etnis non-Arab selalu menimbulkan kegaduhan dan sering menggrogoti serta merusak perdamaian atas celaan dan pemisahan kasta tersebut.

    Kristia ekonomi
 Dalam situasi yang semakin sulit , umat Kristiani tidak lagi jujur membanyakan upetinya kepada penguasa islam ,dengan bergabai dalih ,supaya upeh dan pajak tidak lagi dikumpul kepada penguasa . sering terjadi perampokan yang di scenario oleh kelompok Kristiani ,dan pada akhirnya .

    Peralihan kekuasaan
Granda yang merupakan pusat kekuasaan islam terakhir di Spanyol jatuh ke tangan Ferdinand dan Isabella, sementara di kalangan Islam sendiri terjadi perpindahan kekuasaan dengan system ahli waris .pola yang masih dipertahankan umat islam dalam menggantikan tampuk kepemimpinan kadang jauh dari kelayakan .sebagaimana bukti sejarah yang mengangkat seorang raja atas pertimbangan keturunan yang masih berusia belasan tahun .

2    Pola Pendidikan dan tokoh –tokoh pendidikan di Sisilia
    kuttab
kuttab adalah lembaga pendidikan terendah yang banyak terdapat di sisilia .Tetang pola pendidikan kuttab di sisilia ini , dikatakan oleh Abu Bakar Ibnul Arabi ,mereka mempunyai cara yang baik dalam mengajar,yaitu itu bila telah kecerdasan pada seorang anak , dikirim lah dia ke maktab .disana anak itu belajar menulis ,berhitung ,dan bahasa arab .
    dengan bukti banyaknya kuttab –kuttab yang berkembang dan lembaga pendidikan dapat di predisi bahwa , pantas dalam waktu yang singkat sisilia dapat mewujutkan impian besarnya yang terbukti sampai sekarang dengan masi eksisnya Universitas Palermo yang menjanjikan untuk kemajuan peradaban dunia .


    science and technology .
 kota Palermo merupakan bukti nyata dari kemajuan pendidikan islam di sisilia , dibuktikan dengan porsi pendidik dan kuttab yang sangat banyak jumlahnya , pada daerah ini kemajuan kependidikan di spayol dan dunia islam pada umumnya . di sisilia terdapat perguruan tinggi yang mereka samakannamanya dengan kotanya “Palermo “ .perguruan tinggi di sisilia ini ( Palermo dapat menjawab semua harapan perkembangan ilmu pengetahuan, yaitu dengan adanya pusat kajian sains dan teknologi yang sangat” wah”  dikala itu. Inipulalah yang menjadi cikal bakal muncul dan menjalarnya ilmu pengetahuan di Benua Eropa terutama di Tailand dan di kota-kota lainnya. 

    Ulama-ulama yang melahirkan karya-karya terbesar diantaranya yaitu :
a.    Muhammad Ibn Khurasan dan Ismail Ibn Khalaf, dibidang ilmu Al-quran dan Qiraat.
b.    Abbu Abbas dan Abu Bakar Ibn Muhammad Al-Yamimi, dalam bidang hadist.
c.    Ibn al-Farra dan Musa Ibn Hasan , dalam bidang kedokteran.
d.    Ali Hamzah al-Bashri dalam bidang sastra
e.    Abu Sa’id Ibrahim dan Abu Bakar al-Shiqali, bidang fisika,kimia, dan matematika.
f.    Abu al-Abbas Ahmad Ibn al-Slam, dalam bidang kedokteran.

2.3 faktor mendukung kemajuan pendidikn islam di sisilia.
    . para penguasa muslim disisilia adalah orang pencinta ilmu dan berwawasan luas .meraka bagi siswa-siswa berbakat untuk belajar di universitas terkemuka di dunia islam.
    mengaji para dosen, peneliti dan ilmuan.
    membebaskan para dosen, peneliti, ilmuan, dari wajib militer.
    migrasi para ilmuan, peneliti, dosen dan guru dari berbagai juru dunia islam ke sisilia, karena tertarik dengan tunjangn memadai.

Dari beberapa factor penyebab majunya pendidikan islam di sisilia ,tidak terlepas dari sosiokultural masyarakat ketika itu yang sangat haus dan mencintai ilmu pengetahuan .di sisi lain ,belahan eropa waktu itu berada dalam kegelapan dan di ambang keterbelakangan ,sehingga keadaan itu menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah sisilia .karena kebodohan akan menghantarkan kita kepada keterbelakangan ,sehingga keadaan itu menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah sisilia .karena kebodohan akan menghantarkan kita kepada keterbelakangan .
    Sangat dapat dipahami bahwa kebijakan dan perhatian pemerintah sisilia untuk kemajuan bidang pendidikan, telah pula berdampak besar bagi orang-orang yang hidup dijaman sekarang. Semua itu tentu akan dapat dijadikan mutiara berharga bagi umat yang mau menjadikan pelajaran, bagaimana kiat-kiat untuk memajukan pendidikan,, dan peluang besar juga untuk di tiru oleh pemerintah sekarang ini.
2.4  Perang salib dan akibatnya terhadap pendidikan islam dan ilmuan muslim di sisilia
Philip k.hitti berpendapat bahwa perang salib terjadi tiga angkatan , segala Negara Kristen mempersiapkan tentara yang lengkap persenjataannya untuk pergi berperang merebut paletina. Dari sinilah bermula suatu penyerbuan barat Kristen ke dunia islam yang berjalan selama 200 tahun lamanya dari mulai 1095-1293 M dengan delapan kali penyerbuan .
    Dengan akal sehat Dapat dipahami bahwa, peperangan yang memakan waktu yang begitu lama, mau tidak mau akan memporak porandakan segalanya keadaan seperti itu meleburkan seluruh perjuangan yang sudah di tata dengan baik. kemananan tidak lagi bisa dijjamin, penduduk saling mencurigai, pendidikan tidak lagi berjalan seperti yang diharapkan. Ketidak dinamisan ini tinggal menunggu kehancuran.
Dari beberapa kisah sejarah dapat dipatok bahwa, tujuan perang salib itu tersirat minimal ada tiga tujuan:
a.    umat Kristen ingin kembali menguasai kota yerussalem, Karen bani mengumumkan
       peraturan peraturan untuk pendatang yang berkunjung kesana.
b.    Adanya kesumat dan unsure agama yang terselubung yang sangat susah untuk diterka, karena yerussalem adalah kota suci tiga umat beragama(islam,Kristen dan hindu)
c.    membalaskan dendam timur barat dan factor ekonomi yang sangat potensial di yerussalem.


PENUTUP
Dengan kesimpulan diatas dapat disimpulkan bahwa, yaitu:
islam berkuasa di spanyol dari tahun 711-492 M (781 tahun), sedangkan di sisilia dari tahun 827-1194 M (371 tahun), sehingga membuat kedua wilayah tersebut menjadi terkenal di dunia baik di bidang pendidikan dan peradaban. Pada kedua daerah ini di selenggarakan pendidikan dengan sisitin kuttab yang mempelajari pengetahuan dasar dan menengah (al-qur’an,fikih,bahasa,kesenian, dan lain lain dan pada perguruan tinggi telah mengarah kepada disiplin ilmu khusus(agama, sains, dan teknologi)


DAFTAR PUSTAKA
1.    Prof.Dr.H.Abuddin Nata, M.A., Sejarah pendidikan islam, (Jakarta:RajaGrafindo Persada,2004)

2.    Prof.Dr.H.Samsul Nizar, M.Ag, Sejarah Pendidikan Isla: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia.( Jakarta: Kencana , 2008)

3.    Musyrifah sunanto, Sejarah pendidikan islam

4.     Ajid Thair, perkembangan peradaban dikawasan dunia islam,(jakarta: PT rajagrafindo persada,2004)

5.    Drs . Samsul Munir Amir ,M.A ,Sejarah peradaban islam













Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking